Tuntutan Kemajuan Teknologi di Dunia Pendidikan
Tuntutan Kemajuan Teknologi di Dunia Pendidikan
Pendidikan merupakan fondasi generasi bangsa yang perlu diperhatikan dan diberi perhatian lebih. Dengan adanya pendidikan, masyarakat bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang layak sehingga meningkatkan sumber daya manusia. Perkembangan di dunia pendidikan tak lepas dari adanya teknologi. Seperti yang kita ketahui, beberapa saat yang lalu muncul virus Covid-19. Dengan adanya pandemi Covid-19, kita dipaksa untuk mengalihkan sebagian besar aktivitas pendidikan dari yang awalnya luring menjadi daring. Contoh umumnya saja, ketika kegiatan belajar mengajar dan penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang sebelumnya dilakukan secara luring sekarang menggunakan media daring. Selain itu, muncul juga e-rapor (rapor elektronik) yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian siswa serta pencetakan rapor itu sendiri. E-rapor juga diharapkan mempermudah wali murid dalam memantau rapor anaknya dengan mudah.
Kualitas teknologi di Indonesia khususnya di dunia pendidikan terbilang cukup kurang. Dapat kita lihat di sekolah-sekolah masih banyak para guru yang kesulitan dalam mengoperasikan laptop maupun komputer, apalagi saat adanya wabah Covid-19 yang lalu, masyarakat dilarang bepergian jika tidak ada keperluan yang mendesak. Oleh karena itu, banyak sekolah mengambil inisiatif untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Dalam pelaksanaannya, para guru dipaksa mengenal teknologi dan mengoperasikannya padahal sebelumnya masih minim penggunaan teknologi di ranah pendidikan. Selain itu, tidak semua siswa memiliki laptop ataupun gawai yang memadai. Terlebih lagi yang tinggal di daerah pelosok, sinyal saja sulit apalagi gawai. Dengan adanya kondisi tersebut, hasil yang diharapkan belum maksimal.
Meski kualitas teknologi di Indonesia bisa dibilang cukup kurang, tetapi kita mulai berusaha untuk melakukan perubahan-perubahan agar kemajuan teknologi pendidikan di Indonesia bisa terus berkembang. Dapat kita lihat saat ini, para guru sudah mulai menunjukkan kreativitasnya melalui teknologi. Salah satu contohnya yaitu pembuatan metode pembelajaran menggunakan presentasi power point. Presentasi tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Tentu dengan adanya kemajuan ini dapat mengurangi kejenuhan siswa. Sebelumnya, para siswa hanya disuruh untuk membaca buku saja tetapi sekarang dengan adanya inovasi yang baru, siswa diharapkan lebih mudah memahami materi pembelajaran yang diberikan. Selain itu, dengan adanya teknologi juga dapat mempermudah guru dalam membuat soal-soal yang akan diberikan pada siswa. Apalagi jika soal yang diberi berupa pilihan ganda, guru tidak perlu mengecek satu per satu jawaban siswa karena sistem yang akan mengoreksinya. Data nilai hasil ujian siswa akan otomatis tertulis rapi di dalam file.
Saat ini sudah tidak ada alasan lagi bagi siswa yang kesulitan dalam mencari referensi belajar. Banyak sekali sumber-sumber belajar yang kita bisa manfaatkan seperti google, youtube, dan media-media lain yang sengaja dibuat untuk membantu para siswa agar dapat belajar secara fleksibel dan leluasa. Tak hanya itu, sekarang mulai dibuka kursus/les secara daring dengan biaya yang lebih terjangkau. Hal ini sangat menguntungkan bagi para siswa yang ingin les tetapi terkendala dalam ekonomi, jarak, dan lain sebagainya. Diharapkan kedepannya inovasi-inovasi seperti ini makin bertambah dan berkembang.
Selain memberi dampak baik, teknologi juga berbahaya jika tidak diawasi dengan ketat. Banyak siswa yang memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pribadi yang kurang baik. Salah satu contoh yang sudah sering kita dengar yaitu membawa gadget saat ujian yang bertujuan untuk bekerja sama dengan temannya, atau mengarah ke hal-hal lain yang kurang berkenan. Hal tersebut perlu diwaspadai oleh para guru, karena saat ini pengetahuan teknologi antara guru dan siswa terbalik. Banyak anak-anak dan remaja sekarang yang mahir di dunia teknologi. Berbeda dengan guru yang kurang akan pengetahuan teknologi, terlebih lagi guru-guru yang sudah berumur. Hal ini menjadi tugas penting pemerintah yang harus diselesaikan agar tercipta keseimbangan antara guru dan murid. Efek yang terasa adalah saat diadakan ujian secara daring. Masih banyak sekolah-sekolah yang menggunakan sistem/web/platform/apilikasi yang kurang efektif. Siswa dapat mudah melakukan kecurangan dengan cara mencari jawaban dari sumber-sumber yang ada di internet. Apabila hal ini dibiarkan saja, kecurangan-kecurangan yang dilakukan siswa makin merajalela. Pihak sekolah harus segera mengambil tindakan untuk meminimalisir kecurangan yang ada.
Selain itu, perkembangan teknologi pendidkan juga memiliki masalah-masalah dalam pengembangannya. Kita bisa lihat di daerah-daerah terpencil, di sana sinyal internet belum bisa masuk bahkan ada juga yang belum terpasang kabel listrik. Selain itu tidak semua siswa di Indonesia memiliki gadget yang memadai untuk digunakan dalam kebutuhan belajar mengajar. Ada juga masalah mengenai mahalnya harga kuota bagi para siswa. Pengembangan teknologi yang digunakan untuk kebutuhan pendidikan akan terhambat apabila masalah-masalah pokok seperti ini tidak segera diselesaikan. Kami berharap agar pemerintah segera menyikapi dan memberi solusi yang terbaik.
Teknologi di dunia pendidikan Indonesia bukan lagi sebagai kebutuhan, namun sudah menjadi tuntutan karena perkembangan zaman yang meningkat. Saat ini pemerintah mulai tersadar akan pentingnya kemajuan teknologi di dunia pendidikan. Baru saja Kemendikburistek RI (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia) menetapkan kurikulum pembelajaran yang baru yang disebut Kurikulum Merdeka Belajar. Di dalam kurikulum tersebut terdapat kebijakan baru. Informatika yang sebelumnya hanya sebagai pelajaran tambahan, sekarang diubah menjadi mata pelajaran wajib di tingkat SMP. Hal ini merupakan contoh kepedulian pemerintah terhadap generasi penerus bangsa. Pemerintah berharap agar para siswa di Indonesia tidak gagap akan teknologi ketika menghadapi arus globalisasi pada masa yang akan datang. Kita sebagai warga negara yang baik harus ikut serta dalam upaya tersebut dengan menggunakan teknologi untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Dengan mengembangkan teknologi di ranah pendidikan, kita nanti akan menuai hasilnya berupa peningkatan kualitas pendidikan khususnya dalam bidang kreativitas, efisiensi, dan lain sebagainya sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa yang hebat.
Penulis : Ivan Bramantyo Paramaguna
Komentar
Posting Komentar